In(Sight)?

Membuka mata, menghirup nafas kehidupan, berjalan, lelah, lalu memejamkan mata lagi. Mungkin itulah rangkaian singkat kehidupan kita dari pagi hingga malam hari. Melakukan apa yang menjadi kewajiban ataupun sekadar mengisi waktu luang. Mengejar sebuah target ataupun hanya menjalani sesuatu seperti sebuah kebiasaan hari-hari sebelumnya. Memandang dengan mantap sebuah tujuan atau hanya melihat sinis berbagai masalah yang ada.

Bagi sebagian orang hidup ini biasa saja, apa yang ada harus dijalani dan menerima setiap hasilnya. Tapi seperti kata Buya Hamka,

Jika Hidup Hanya Sekadar Hidup, Babi di Hutan Juga Hidup

Cukup menjadi pengingat bagi penulis pribadi. Yang jadi perhatian utama adalah apa yang sebenarnya yang membedakan kehidupan kita dengan hewan di hutan, bahkan lebih jauhnya lagi apa nilai tambah kehidupan kita dibandingkan dengan kehidupan orang lain. Karena Semua manusia itu unik, jalan hidupnya pun pasti memiliki alur yang menarik untuk diperhatikan jauh lebih mendalam.

Yang aku pahami, hidup itu kaya makna. Banyak pelajaran yang dapat diperoleh dari setiap aktivitas, bahkan dari satu helaan nafas yang sering kita anggap biasa saja. Helaan nafas kita mungkin biasa bagi orang yang diberi kesehatan, tapi pernahkah membayangkan akan nasib saudara kita yang kurang beruntung? Inilah yang harus kita maknai dalam setiap detik yang kita lewati.

Sayang sekali jika dalam satu hari yang terjalani hanya berlalu saja tanpa makna berarti. Sayang sekali saat ada pelajaran yang seharusnya mampu membuat kita hebat, tapi kita abai terhadapnya hadir dan terlewat begitu saja. Apa yang kita lewati merupakan hal yang bisa jadi menjadi kunci lebih dewasanya kita.

Jadi, siapkah untuk memandang kehidupan ini dengan cara yang lebih berbeda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s