Bangsa yang Siap (1)

Satu minggu lalu bersama dua temanku Aisah dan Azalia, sebagai sebuah kelompok kita bertiga berkesempatan mengunjungi negara yang memiliki nilai sejarah tersendiri bagi Indonesia. Hokkaido menjadi tempat dimana diri ini melangkahkan mimpi-mimpi besarnya. Sebagai delegasi Institut Teknologi Bandung dalam ajang HISAS 14, kami membawa misi khusus yang tidak lain juga demi lebih baiknya Indonesia.

Bertema utama Pengembangan Berkelanjutan untuk Indonesia, lewat cluster Social and Human Sciences kelompok kami mengangkat paper tentang transportasi publik di kota Bandung. Transportasi merupakan denyut kehidupan sebuah kota dan negara. Transportasi menghubungkan yang terpisah, dan menjadi kunci lancarnya makanan bahkan pasokan energi suatu daerah.

Namun, kondisi sangat kontradiktif terhadap apa yang menjadi mimpi dan tujuan mulia transportasi itu sendiri. Ketidakteraturan, ketidakrapihan, dan masih semrawutya sistem transportasi kita sudah cukup menjawab mengapa bangsa kita belum mampu mengejar ketertinggalannya lebih jauh. Kemacetan menjadi pemandangan yang umum kita lihat di kota-kota besar. Banyak pula orang yang kesal karena banyak waktunya terbuang banyak hanya karena terjebak kemacetan yang tak kunjung henti.

Jika dihitung, akan sangat banyak kerugian yang diperoleh akibat aktivitas tak produktif ini. Rugi waktu, rugi materi, dan kadang mungkin rugi karena menanggung dosa karena marah terhadap keadaan. Lalu apakah sebenarnya masalahnya? Apakah ada sesuatu yang bisa kita perbuat?

Bersama kisah perjalanan kami di Jepang, tulisan selanjutnya akan menarik untuk disimak, so stay tune ya…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s