Negara seribu Negeri

Hidup di Indonesia memberikan gambaran sejuta warna keberagaman yang memang tak bisa dipisahan. Negara dengan 17 ribu pulau menyimpan beragam keunikan dalam setiap sudut tempatnya. Terinspirasi dari novel karya Marah Rusli Memang Jodoh, Negeri menjadi sebutan untuk menjelaskan tempat asal seseorang, sebagai contoh Negeri Minangkabau untuk orang Minang.

Sebagai suatu negara, Indonesia menjadi negara yang mampu menghimpun beragam negeri dalam satu bahasa dan satu kesatuan. Saat bangsa Eropa banyak yang memisahkan diri pasca perang dunia kedua hanya karena perbedaan budaya. Indonesia mencengangkan dunia dengan menunjukkan keberagaman budaya bahkan keterbatasan bahasa dipersatukan dengan hadirnya bahasa Indonesia.

Menjalani masa masa setelah kemerdekaan, bukan berarti sistem yang dibentuk mampu memastikan Indonesia aman tanpa ada gangguan sedikitpun. Isu kekuasaan, perbedaan agama, kasus rasial selalu mewarnai beragam peristiwa yang muncul dalam kabar-kabar hangat pemberitaan. Di masa lalu, masalah yang muncul akan terlihat hanya sebagai isu kedaerahan tanpa mudah menyebar menjadi isu nasional. Namun, dengan semakin majunya teknologi informasi masalah-masalah hangat bangsa menjadi mudah untuk diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Sehingga, isu di suatu daerah pun dapat dengan cepat menjadi isu nasional.

Miris memang melihat bangsa yang besar ini terpuruk dengan rongrongan masalah yang tidak kian usai. Namun, bagaikan diprogramkan, isu perpecahan selalu ada setiap tahunnya sehingga menjadi ciri khas dan mengisi kaleidoskop setiap akhir tahun pemberitaan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s